Intranet dan Beberapa aplikasi

on Kamis, 28 Juli 2011
Sebuah jaringan pribadi dari komputer yang digunakan untuk berbagi informasi atau sumber daya terutama merupakan intranet. Aplikasi menggunakan protokol internet (TCP / IP) dan koneksi jaringan untuk beroperasi. Intranet aplikasi dan perangkat lunak lain yang diperlukan intranet diinstal pada komputer pusat yang bertindak sebagai web server intranet. Aplikasi intranet kemudian dapat diakses dari komputer individu lain dalam jaringan, yang bertindak sebagai klien.

Mengembangkan perangkat lunak intranet kebutuhan beberapa pertimbangan penting:

Ruang lingkup aplikasi intranet dan jumlah pengguna yang mengakses itu

Hardware dan software yang akan mendukung perangkat lunak intranet tergantung pada lingkup dan pengguna

Menyiapkan server web, mesin klien dan menginstal aplikasi / perangkat lunak pada setiap komputer individu seperti yang diperlukan.

Merancang aplikasi intranet modul dan halaman yang diperlukan.

Menentukan hak akses dari pengguna dan aplikasi intranet pengujian sesuai kebutuhan.

aplikasi Intranet digunakan dalam banyak hal di organisasi dan telah terbukti menjadi alat yang bermanfaat:

Karyawan terlibat dalam forum dan diskusi online, ada dengan meningkatkan interaksi dan berbagi pengetahuan aplikasi Intranet membantu dalam mengelola dan penerbitan dokumen proses dan dokumentasi lainnya di seluruh karyawan yang relevan dan efektif sehingga memudahkan manajemen pengetahuan yang lebih baik Karena informasi umum seperti kebijakan dan pemberitahuan tentang organisasi tersebut dibagi di seluruh karyawan melalui suatu platform bersama, perangkat lunak intranet membantu dalam mempromosikan budaya perusahaan yang
Intranet software juga banyak digunakan untuk pertukaran berbagai alat dan aplikasi seperti alat CRM, manajemen proyek utilitas, data penjualan, dan sebagainya.

Aplikasi Intranet juga memungkinkan organisasi untuk memiliki informasi yang relevan lainnya seperti berita industri, media berita, siaran pers, dan aktivitas lainnya.

Intranet perangkat lunak harus dirancang tidak hanya dari sudut pandang fungsional, tetapi juga dari kegunaan dan aspek estetika. Juga aspek penting lainnya tentang aplikasi intranet adalah tentang keamanan. Karena banyak data rahasia akan ada di intranet, penting bahwa tidak ada pengguna mengakses yang tidak sah di dalam atau di luar organisasi. Intranet perangkat lunak juga perlu terus-menerus dipantau untuk downtime dan segera diperbaiki atas dasar kegunaan. Mungkin ada baik jumlah keuntungan dan ancaman untuk aplikasi intranet. Namun, tentu saja berfungsi sebagai alat penting bagi banyak organisasi dan akan dilanjutkan untuk digunakan di masa depan.

Contoh Aplikasi Intranet yang dilakukan di ‘Intranet SMK Negeri 6 Jakarta’ :


1. Portal Intranet.

Portal yang memberikan layanan untuk membuat komunitas intranet (non internet) yang fasilitasnya tidak jauh berbeda dengan layanan yang ada di internet.

Portal ini menyediakan beberapa informasi dan modul2 pembelajaran untuk membantu kegiatan KBM, artikel dan informasi2 yang memungkinkan.

2. Mail dan Milis Intranet

Mail server yang akan melayani komunitas email dan mailinglist di intranet. digunakan untuk penyampain tugas2 KBM kepada siswa dan media diskusi siswa baik global, maupun kelompok.

3. Aplikasi Test Online Intranet.

Aplikasi intranet berbasis web untuk keperluan ujian. aplikasi ini 100% menggunakan komputer dan LAN sebagai media. Proses ujian yang di lakukan sama halnya dengan ujian biasa dengan option pilihan ganda, benar/salah dan essay.

4. Bel Komputerisasi

Aplikasi bel otomatis dengan pesan dua bahasa yakni bahasa indonesia dan bahasa inggris. Aplikasi ini otomatis akan mengingatkan setiap jam pelajaran, waktu istirahat dan lain-lain secara otomatis. misalnya, pemberitahuan jam pertama, waktu istirahat dll.

0 komentar:

Posting Komentar